Apple Kuasai Pasar Ponsel 5G Global

Apple kuasai pasar ponsel 5G global, apple disampaikan sukses mendominasi pasar ponsel 5G dunia di awal tahun 2022. Firma penelitian pasar Counterpoint Research memberikan laporan, Apple sukses kuasai 37 % market share smartphone 5G global pada Januari 2022. Dengan angka itu, Apple sukses pimpin pasar ponsel 5G dunia, melampaui supplier-vendor smartphone 5G yang lain, seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, dan Vivo.

Apple Kuasai Pasar Ponsel 5G Global

Ini sebagai perolehan positif dari Apple ingat perusahaan rintisan Steve Jobs ini bisa disebut cukup telat mendatangkan iPhone dengan support 5G ke pasaran dibandingkan beberapa pesaingnya. Bia dikenang, Apple baru mempunyai iPhone 5G saat mengeluarkan baris iPhone 12 seri ke pasaran pada Oktober 2020. Apple kuasai pasar ponsel 5G global Baru seterusnya Apple rajin melaunching ponsel 5G kelakuannya, seperti iPhone 13 5G seri di 2021 dan yang terbaru iPhone SE 5G pada 2022. iPhone SE 2022 itu jadi iPhone 5G paling murah buatan Apple, dengan bandrol harga dimulai dari 699 dollar Singapura (sekitaran Rp 7,tiga juta).

Apple Kuasai Pasar Ponsel 5G Global

Apple Kuasai Pasar Ponsel 5G Global

Jika flashback ke belakang, supplier ponsel yang pertama kali menghasilkan ponsel 5G ke pasaran sebenarnya ialah Samsung. Supplier asal Korea Selatan itu pertama kalinya mendatangkan ponsel dengan support 5G lewat peluncuran Galaxy S10 5G pada Februari 2019, seperti digabungkan dari GSM Tempat. Kemudian, baru diikuti oleh Oppo dan Xiaomi di tahun yang serupa.Oppo mendatangkan ponsel yang telah memberikan dukungan jaringan angkatan ke-5 dengan Reno 5G (April 2019), sementara Xiaomi dengan Mi Mix 3 5G (Mei 2019).

5 besar supplier penguasa pasar ponsel 5G

Walau jadi supplier pertama kali yang menghasilkan ponsel 5G, Samsung harus hadapi kompetisi ketat dari pesaing lain yang merampas market share ponsel 5G, terhitung dari Apple yang baru melaunching iPhone 5G sekitaran 2 tahun terakhir. Dalam laporan yang serupa dari Counterpoint, Samsung dijumpai ada di urutan ke-2 sebagai penguasa pasar ponsel 5G global dengan market share 12 % saja, tidak ada separuhnya dari market share Apple.

Lalu, di rangking ke-3 dan ke-4 ada Xiaomi dan Vivo yang sukses amankan market share smartphone 5G global sejumlah 11 %. Paling akhir, Oppo ada di urutan ke-5 dengan market share 10 %. Berikut daftar lima besar supplier smartphone 5G dan prosentase market share yang terkuasai versiCounterpoint Research: Apple: 37 % Samsung: 12 % Xiaomi: 11 % Hidup: 11 orang Oppo: 10 % Merk lain: 19 %

Counterpoint mengutarakan market share ponsel 5G yang dipunyai oleh supplier-vendor itu sebagai besar masih datang dari China. Ini karena Negeri Gorden Bambu jadi negara dengan tingkat penetratif 5G tertinggi di dunia, yakni capai 84 % pada Januari 2022. Nach, Apple sendiri sukses kuasai pasar ponsel 5G global dengan market share 37 % karena tempatnya yang kuat di pasar China.

Dalam pada itu, Samsung cuman sukses kuasai 12 % pasar smartphone 5G global karena usaha handphonenya yang statis di China, seperti digabungkan KompasTekno dari Phone Tempat, Senin (21/3/2022), yang dikutip Bloomberg. Dalam laporan Counterpoint awalnya, Apple memang disampaikan jadi supplier nomor satu di China karena sukses kuasai 23 % market share smartphone China pada kwartal IV-2021 (Oktober-Desember 2021).

Angka market share itu jadi jumlah paling tinggi yang sempat dicapai Apple di China. Supremasi Apple di China di akhir 2021 itu disebut sebagai perolehan paling tinggi Apple dalam enam tahun akhir. Di bawah Apple, urutan ke-2 sampai ke enam ditempati oleh produk lokal China, seperti Vivo, Oppo, Honor, Xiaomi, Huawei, dan Realme, sebagai supplier penguasa pasar ponsel China pada kwartal IV-2021 versus Counterpoint Research itu.